5 Aktivitas Seru yang Dapat Meningkatkan Kreativitas Anak

Belajar tidak melulu di dalam kelas. Anak-anak juga perlu mengembangkan minat mereka di luar kelas. Nah, bunda bisa lho mengajak si kecil melakukan aktivitas seru di bawah ini untuk mengembangkan dan mengasah kreativitas mereka.

1. Jadi Arsitek Cilik

Menggambar adalah salah satu aktivitas favorit anak-anak. Nah, bunda bisa memberikan pengalaman berbeda kepada mereka dengan menggambar desain arsitektur. Ajak si kecil ke tempat yang ramah anak, taman bermain misalnya. Coba bunda perhatikan mainan apa yang paling disukai anak? Apakah ia tertarik mencoba permainan yang lain? Apa sih yang membuat taman bermain tersebut menarik bagi mereka?

Bunda bisa mengajaknya berdiskusi hal tersebut dan mendorongnya merancang sendiri arena bermain mereka. Mulailah dengan menggambar dan mendesain di kertas lalu mintalah ia membuat rencana yang detail bagaiman penempatan masing-masing peralatan bermain. Setelah itu bunda dan si kecil bisa mewujudkannya secara visual dengan alat-alat sederhana seperti sedotan, kardus, tisu toilet dan gulungan handuk.

2. Asyiknya Baca Buku

Bentuk klub baca di lingkungan keluarga. Bunda dan ayah bisa mengajak tetangga sekitar atau teman-teman sekolah si kecil untuk berkumpul bersama membaca buku. Tentukan dan buat daftar bacaan yang sesuai usia mereka setiap bulannya. Lalu bunda bisa mendiskusikan isi buku tersebut mulai dari karakternya, alur cerita, tema serta tempat cerita. Agar lebih seru bunda bisa sediakan cemilan untuk menambah suasana membaca lebih semarak. Cara ini bisa lho dilakukan agar anak tidak jenuh membaca.

3. Siapa Superhero Favorit Si Kecil?

Setiap anak ingin memiliki kekuatan super. Jadi tantang si kecil untuk menciptakan superhero favoritnya. Dalam  bukunya Rahima Baldwin, You Are Your Child’s First Teacher menyatakan bahwa “Anak-anak suka sekali bermain peran dan mengubah diri menkadi karakter yang imajinatif,”. Maka dari itu bunda bisa menanyakan pada mereka superhero seperti apa dan tantang mereka untuk memberi nama. Bunda bisa juga mengajak mereka membuat kostum ala superhero.

4. Kecil-Kecil Jadi Politisi? Kenapa Tidak!

Memang, anak bunda masih terlalu kecil untuk melakukan voting dan menggunakan hak suaranya dalam kegiatan pemilu. Tapi, tidak ada salahnya kok mengajarkan mereka bagaimana kampanye politik dalam sebuah pemilihan.

Misalnya, bunda bisa mengajak anak-anak memberikan dua topik untuk didiskusikan (contohnya Tim Suka Kucing vs Tim Suka Anjing, es krim vs permen,). Berikan mereka kesempatan untuk memilih topik manakah yang mereka sukai. Lalu, berikan mereka kebebasan untuk mengutarakan pendapat mereka manakah yang lebih baik, mengapa yang satu lebih baik dari yang lain. Ajak anggota keluarga lain sebagai audiens agar lebih seru.

5. Menulis Blog Keluarga

Membuat jurnal virtual bisa menjadi salah satu cara mendorong anak untuk kreatif. Berbagi kisah melalui tulisan, foto atau video mengenai keseharian anak-anak tentu menyenangkan.

Bunda bisa mendorong si kecil untuk mengungkapkan perasaan mereka tentang kegiatan yang mereka alami baik di sekolah, tempat kursus, maupun rumah. Tapi, jangan lupa dalam pengawasan, ya bunda! Beri mereka batasan untuk informasi mana saja yang boleh diunggah atau tidak.

 

 

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here