6 Tips Jitu Memulai Bisnis Ala Tasya Nur Medina

Menjadi seorang ibu dan istri adalah tugas dan kewajiban seorang perempuan. Tapi bukan berarti menjadi hambatan untuk berhenti berkarya. Hal ini dibuktikan oleh Tasya Nur Medina, CEO Meccanism, salah satu merek lokal di bidang fashion Indonesia. Menurutnya, semua perempuan juga bisa berdaya dan mandiri meski telah berkeluarga. Salah satunya melalui wirausaha.

Lantas bagaimana agar sukses berwirausaha meski sudah berkeluarga? Nah, berikut ada beberapa tips dari Tasya, sapaan akrabnya, memulai wirausaha bagi para bunda :

  1. Passion

Ingin berwirausaha tapi bingung mau usaha apa? Maka mulailah dari passion atau hobi bunda. Tasya mengaku memulai bisnis fashionnya pertama kali bermula dari kecintaannya pada dunia tersebut. “Saya dan Zaskia suka banget sama dunia fashion. Suka mix and match baju. Padahal sebenarnya nggak bisa gambar dan nggak ngerti dunia bisnis. Tapi saat itu kami yakin dan dijalani saja dulu,” tuturnya saat seminar parenting di kantor tabloid Media Ummat, Malang, Minggu (17/12).

Menurutnya memulai bisnis dengan passion dibidangnya akan membuat diri kita menjadi lebih semangat. “Karena menjalaninya dengan senang hati. Nggak beban. Kalau nggak sesuai passion kita biasanya menjalaninya akan malas-malasan,” ujar kakak kandung Zaskia Adya Mecca ini.

2. Ciri Khas Produk

Memiliki karakteristik yang khas dari merek produk akan menambah nilai plus dari usaha bunda. Tujuannya, agar konsumen mengetahui langsung kalau itu merupakan produk kita.

“Jujur saja sampai sekarang beberapa produk kami banyak yang suka meniru. Sedih sih awalnya, tapi selama bisa membantu orang dengan membuka peluang usaha lain, ya nggak apa-apa. Yang penting kami percaya diri saja kalau produk kami punya ciri khas,” ungkapnya. Menurutnya karakter brand yang kuat bisa menjadi pembeda dengan pesaing yang lain.

3. Fokus

Fokus pada satu jenis produk menjadi salah satu kunci agar usaha sukses. “Kalau bikin bisnis jangan lompat-lompat. Misalnya bulan ini jual baju, bulan depan sepatu eh bulan depannya lagi pindah. Kalau seperti itu kita nggak tahu di mana salahnya,” ujar Tasya.

4. Bertahap

Menjalani bisnis tentu tidak mudah. Tidak serta merta omzet melejit hingga ratusan juta rupiah. “Harus bertahap dan pelan-pelan. Waktu mengawali dulu saya bikin baju selusin dulu. Terus makin bertambah jadi dua lusin, sekodi, dan seterusnya. Intinya sabar aja,” kata bunda beranak satu ini.

5. Memanfaatkan Media Sosial

“Sekarang kalau mau bisnis gampang kok. Nggak perlu modal gede. Kan sudah terbantu dengan media sosial. Tinggal share aja ke medsos,” tutur Tasya. Menurutnya modal tidak hanya uang yang banyak sebab kini semakin terbantu dengan keberadaan media sosial.

“Lima tahun lalu saya modal cuma tiga juta. Promosinya ya lewat medsos terutama Instagram,” aku brand ambassador ZAM cosmetics tersebut. Menurutnya terus meningkatkan kualitas produk juga menjadi kunci. “Yang penting terus berkreasi aja,” katanya.

6. Buat Kesepakatan dengan Keluarga

Nah, ini yang paling penting ya bunda!  Terutama suami dan anak. Jangan sampai kita lupa dengan tugas utama sebagai istri dan ibu. Dukungan mereka juga penting. “Alhamdulillah keluarga saya sangat mendukung. Apalagi bisa kerja bareng adik-adik. Bisa saling mengerti satu sama lain,” ujarnya.

Selain itu Tasya juga tak lupa meluangkan waktu khusus untuk anaknya. “Senin sampai jumat waktunya kerja, nanti sabtu minggunya bener-bener waktu keluarga. Saya memberikan kebebasan kepada Keefe mau ngapain aja seharian weekend,” ungkapnya.

Bagaimana bunda? Sekarang makin termotivasi buat mulai bisnis, kan? Selamat mencoba, ya!

 

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here