Cara Asyik Mengenalkan Uang Kepada Anak

Mengenalkan uang sejak kecil pada anak berarti mengajak mereka untuk melek secara finansial. Hal ini penting untuk masa depannya dalam mengatur keuangan pribadinya. Mengenalkan uang sejak dini pada anak memang susah-susah gampang.

Tapi, tentu semua bisa bunda siasati dengan cara yang lebih menyenangkan. Salah satunya dengan mengajak anak menabung sejak kecil. Karena dengan menabung berarti mengenalkan uang kepada anak dengan cara bersabar, belajar hemat, dan bagaimana mengatur kebutuhan. Selain mengajak menabung, ada banyak cara asyik dalam mengenalkan uang pada anak.

Apa saja itu bunda? Simak beberapa trik berikut ini!

1. Lewat Bermain

Saat pertama kali mengenalkan uang anak pasti bertanya “apa itu uang?”. Bunda bisa menjelaskannya secara sederhana bahwa uang merupakan benda yang dibutuhkan untuk membeli buku atau mainan kesukaannya. Tapi jangan lupa pula jelaskan padanya bahwa uang tidak datang begitu saja, melainkan kita harus bekerja untuk mendapatkannya.

Selain itu bunda juga bisa mengenalkan uang dengan berbagai jenis permainan. Dari permainan anak akan belajar bagaimana melakukan transaksi dengan uang nantinya. Misalnya, bermain peran sebagai pedagang ataupun pembeli dan dilengkapi dengan uang mainan.

Bunda bisa mengajak si kecil mengelompokkan jenis-jenis uang seperti uang koin dan kertas yang ada di rumah. Sediakan beberapa jenis uang koin dan minta anak untuk mengelompokkan sesuai bentuknya. Begitu pula jenis uang kertas. Tidak perlu uang kertas sungguhan, bunda bisa menyiasatinya dengan membuat uang mainan yang berbeda-beda warnanya.

2. Ajak Berbagi

Selain mengenalkan jenis-jenis uang, ajarkan pula si kecil nilai berbagi. Konsep ini dapat dikenalkan kepada si kecil sejak usia tiga tahun. Katakan pada si kecil mengapa kita harus berbagi kepada sesama, dan bagaimana dampaknya kepada mereka yang membutuhkan.

Bunda bisa memulainya dengan mengajaknya menyisihkan uang untuk memberi sumbangan kepada seseorang atau tetangga yang sedang sakit. Atau memintanya memasukkan uang ke kotak sumbangan yang ada di tempat ibadah, restoran atau bahkan supermarket. Cara ini meski sederhana akan dikenang oleh si kecil kelak.

3. Langsung Praktik Lapangan

Saat belanja di pasar atau supermarket tidak ada salahnya, lho bunda mengajak serta si kecil. Bunda bisa melibatkan si kecil untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan. Selain itu anak juga bisa mengetahui sesungguhnya bagaimana transaksi jual beli dengan menggunakan uang sungguhan. Saat ini beberapa toko telah menyediakan keranjang serta layanan khusus anak.

4. Beri Reward

Ini saatnya kenalkan si kecil bahwa dibutuhkan usaha untuk mendapatkan uang. Sebelumnya katakan pada si kecil bahwa uang tentu tidak datang begitu saja tetapi harus berusaha dan bekerja untuk mendapatkannya.

Bunda bisa memberikan tantangan pada si kecil. Misalnya, melakukan hal-hal simpel di rumah dengan membantu menyelesaikan pekerjaan di rumah. Atau, hanya sekedar mau merapikan mainannya. Bunda bisa membantu memenuhinya dengan memberikan kembalian saat berbelanja di pasar atau supermarket.

Lalu, ajak sekalian si kecil untuk menabung hasil jerih payahnya. Beri ia celengan yang berbentuk lucu dan berwarna-warni agar semakin semangat.

Nah, gampang kan, bunda? Dicoba, ya!

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here