5 Ide Bisnis yang Bisa Dikerjakan Bunda dari Rumah

Saat memasuki dunia rumah tangga tak jarang banyak perempuan yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan sebelumnya. Tujuannya agar dapat fokus mengurus keluarga. Namun kerapkali merasa bimbang kala pemasukan hanya dari satu pintu, yakni sumber pendapatan dari sang ayah.

Padahal semakin hari kebutuhan semakin tinggi, termasuk harga barang-barang kebutuhan anak. Untuk mendapatkan tambahan penghasilan selain dari gaji suami, bunda bisa lho menambah penghasilan dengan merintis bisnis. Ada banyak ide bisnis rumahan yang bisa dikerjakan tanpa melupakan kewajiban mengurus keluarga. Apa saja itu?

1. Jualan Online

Berkembangnya internet dan media sosial memudahkan bunda untuk merintis bisnis dari online. Ada banyak barang yang dapat dipasarkan melalui sistem online, mulai dari sepatu, baju, jilbab, makanan hingga kebutuhan perlengkapan bayi.

Dengan bisnis online bunda tidak perlu keluar modal banyak untuk membuka toko secara fisik. Apalagi kini semakin dimudahkan dengan sistem reseller dan dropshipper.

Dengan sistem ini bunda cukup menjualkan produk orang lain tanpa modal besar. Hanya perlu kuota internet dan promosi dengan rajin di setiap waktu luangnya.  Bahkan bisa mengganti nama toko sendiri dan menentukan harga sendiri. Daripada sibuk memantau akun gosip yang tidak jelas dan membawa afirmasi negatif, nah bisnis online ini bisa menjadi peluang untuk menjemput pundi-pundi uang.

2. Katering Sehat

Bunda hobi memasak? Ayo manfaatkan dan asah keterampilan ini. Kehidupan perkotaan yang serba cepat menyebabkan masyarakatnya untuk kerja cepat pula, termasuk bagaimana mereka menyajikan makanan. Kerapkali makanan siap saji menjadi pilihan.

Oleh karena itu kini banyak yang mulai beralih untuk hidup sehat termasuk memilih makanan. Membuka katering sehat bisa menjadi pilihan bisnis rumahan. Bunda bisa menyediakan isi makanan non pengawet dan serba homemade. Beberapa artis papan atas seperti Dian Sastro dan Andienaisyah juga sudah merambah hidup sehat lho, termasuk memesan katering sehat. Nah, patut dicoba kan!

3. Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas untuk media seperti majalah atau media online bisa menjadi satu pilihan bisnis yang dikerjakan dari rumah. Pekerjaan ini pun tidak memerlukan jam kerja panjang setiap harinya. Selain itu bunda tidak perlu ke kantor. Cukup dua tiga jam mengetik di komputer, kemudian mengirimnya via e-mail dan semua beres.

Bahkan, menulis juga bisa menjadi ajang untuk melepas penat selama seharian mengurus anak. Kuncinya, bunda perlu up to date  mengenai perkembangan berita yang sedang terjadi di masyarakat. Sehingga kita bisa menulis sesuatu yang baru, unik, inspiratif dan mencerahkan. Dengan begitu akan banyak yang membaca dan tentu saja laku dijual.

4. Penerjemah

Banyak perusahaan maupun lembaga swasta yang membutuhkan jasa ini. Biasanya untuk menerjemahkan surat kontrak atau perjanjian dengan relasi dari mancanegara. Misalnya, perjanjian kerja ekspor-impor, perjanjian kerjasama waralaba, atau artikel yang berbahasa asing untuk sebuah media.

Bunda hanya membutuhkan kamus dan kuota internet untuk menjalankan bisnis ini. Jangan lupa menjaga kualitas terjemahan dan kecepatan pelayanan agar sukses menjalani bisnis ini.

5. Persewaan Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi seperti mainan kerap kali membuat orang tua berpikir dua kali untuk membeli lantaran  harganya yang kelewat mahal. Apalagi jika barang tersebut merupakan impor dan berkualitas bagus.

Fenomena ini bisa lho menjadi peluang usaha. Bunda bisa menyewakan perlengkapan bayi bunda yang sudah tidak terpakai karena anak-anak beranjak remaja. Asalkan, barang-barangnya masih layak pakai dan bagus, ya!

Nah, sekarang sudah punya gambaran ide, kan? Lekas dicoba, ya!

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here