Berapa Kebutuhan Air Saat Bunda Hamil?

Saat hamil kebutuhan cairan akan meningkat. Bunda perlu memerhatikan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Biasanya, volume darah akan meningkat pada minggu keenam atau ketujuh untuk membawa nutrisi ke tubuh bunda maupun si kecil. Apalagi pada trimester ketiga frekuensi buang air kecil akan terus meningkat. Untuk itu bunda harus cukup memiliki cairan atau air.

Banyak sekali manfaat yang didapat jika bunda mencukupi kebutuhan cairan. Air sangat dibutuhkan untuk membangun dan memperbarui cairan amniotic yang menyelubungi tubuh si kecil selama dalam kandungan. Mengonsumsi air yang cukup dapat membantu masalah sembelit selama hamil selain itu membantu kerja ginjal serta mengatasi bengkak selama hamil.

Sementara itu jika bunda kekurangan cairan selama kehamilan dapat mengakibatkan sejumlah gangguan tubuh. Misalnya, infeksi saluran kecing (ISK) yang kelak dapat mengganggu jalannya persalinan bahkan menyebabkan bayi lahir prematur, konstipasi hingga hipertensi.

Lantas berapa porsi cairan yang pas untuk bunda yang sedang hamil? Pada kondisi normal, umumnya manusia membutuhkan delapan gelas dalam sehari. Sementara saat hamil memerlukan porsi yang lebih banyak dari itu. Setidaknya dibutuhkan 2,3 liter cairan atau setara dengan 10-13 gelas air per hari. Angka tersebut sudah termasuk konsumsi susu untuk asupan kalsium.

Selain susu, cairan yang dibutuhkan juga bisa didapat dari buah maupun sayur. Misalnya, semangka, jeruk, blewah atau mangga. Buah-buah tersebut dapat menambah cairan dalam tubuh dan mengandung banyak serat.

Namun perlu diingat ada beberapa jenis cairan yang perlu dihindari saat hamil. Kopi, teh dan alcohol misalnya. Di dalam jenis minuman tersebut mengandung banyak kafein yang bersifat diuretik, yakni memudahkan pengeluaran cairan tubuh. Sehingga, dapat mengurangi cairan tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

Selain minuman yang mengandung kafein, minuman manis juga perlu diwaspadai selama kehamilan. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis malah akan menyebabkan rasa haus. Minuman manis juga mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat menyebabkan diabetes selama kehamilan. Wah, hati-hati, ya bunda.

Maka dari itu selalu siapkan sebotol air siap minum kemanapun bunda pergi. Untuk menambah asupan cairan, bunda bisa membawa sebotol jus buah maupun sayur agar mencukupi kebutuhan cairan. Sebab, untuk bernafas saja kita membutuhkan lebih dari setengah liter air setiap hari. Maka tak heran kan, kalau bunda harus banyak minum.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here