Cara Jitu Agar Tidur Nyaman Saat Hamil

Perubahan fisik pada saat hamil semakin terlihat ketika memasuki trimester kedua hingga ketiga. Perubahan ini kerap kali menyebabkan gangguan, salah satunya sulit tidur.

Berdasarkan penenlitian Survei National Sleep Foundation,  Amerika Serikat menunjukkan bahwa, sekitar 97%  ibu hamil mengalami insomnia di kehamilan trimester kedua dan ketiga. Kekurangan tidur saat hamil dapat menyebabkan kelelahan hingga depresi. Untuk itu, tidur yang nyaman dan berkualitas sangat Bunda butuhkan. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini:

1. Kurangi Minum

Sebelum tidur di malam hari sebaiknya Bunda mengurangi kadar minum. Sebab, minum air terlalu banyak dapat menyebabkan frekuensi buang air kecil semakin meningkat. Hal ini tentu mengganggu tidur anda. Untuk mengatasinya, minum air satu jam sebelum tidur lebih dianjurkan. Kekurangan air mineral juga berbahaya bagi Bunda yang sedang hamil yang dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, anda dapat menggantinya dengan minum susu hangat. Sebab, di dalam susu terdapat kandungan zat yang bernama triptofan, yaitu zat yang mampu berubah menjadi hormon melatonin yang dapat membuat tidur menjadi nyenyak di malam hari. Sehingga bagi yang sering mengalami susah tidur di malam hari atau insomnia maka minum susu adalah alternatif untuk mengatasinya.

2. Mandi dengan Air Hangat

Untuk memberi efek relaksasi, sebelum tidur Bunda juga bisa mengawali dengan mandi air hangat. Mandi dengan air hangat dapat melancarkan peredaran darah, sehingga dapat membuat tidur lebih nyaman dan nyenyak. Menggunakan sabun dengan wewangian khusus juga dapat memberi efek menenangkan.

3. Hindari Kafein

Saat hamil hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh. Minuman yang mengandung kafein membuat anda terjaga lebih lama. Hal ini jelas akan mengganggu tidur dan menyebabkan insomnia.

4. Atur Posisi Tidur

Menurut para ahli, posisi tidur saat hamil yang paling nyaman adalah menyamping ke kiri. Tujuannya, untuk memperlancar sirkulasi darah baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal. Selain itu, posisi menyamping ke kiri membuat perut lebih nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan. Posisi tidur menyamping ke kiri juga dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan tangan.

Namun, ada pula posisi tidur saat hamil yang sebaiknya dihindari. Yakni posisi terlentang. Pada saat posisi ini, tekanan pembuluh darah dapat meningkat yang menghambat peredaran darah ke tubuh ibu, termasuk ke janin. Selain itu, tidak dianjurkan tidur dengan menekuk lutut hingga ke batas dada, hal ini dapat menghambat pernapasan saat tidur.

5. Gunakan Bantal yang Sesuai

Bantal yang sesuai dapat menjadi sarana untuk membantu tidur lebih nyaman saat hamil. Pilih bantal yang tidak terlalu keras dan lembut saat digunakan. Untuk mengurangi nyeri pada bagian punggung, Bunda dapat menambahkan bantal di bagian tersebut. Bunda juga dapat menambahkan bantal tipis di antara kedua kaki saat tidur menyamping. Bantal khusus hamil juga menjadi alternatif agar tidur semakin nyaman.

6. Olahraga Rutin

Meski sedang hamil, olahraga juga amat dibutuhkan. Rutin berolahraga dapat membuat tubuh bugar sehingga berdampak pada kualitas tidur Bunda. Jalan kaki atau senam hamil dapat menjadi salah satu alternatif olahraga yang ringan bagi ibu hamil. Selain melancarkan peredaran darah, kedua olahraga tersebut dapat mengurangi rasa cemas dan stress, sehingga tidur Bunda di malam hari menjadi lebih nyenyak.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here